Jalin Kerjasama, HMJ PBA FTK UIN SUSKA Riau Taja Webinar Internasional

Pekanbaru – Bahasa Arab termasuk dalam bahasa yang tertua di dunia dan mempunyai jenis aksara penulisan berbeda dengan aksara latin.  Banyak kalangan menganggap bahasa arab sulit dipelajari karena mempunyai aturan-aturan khusus yang terikat dalam kaidah bahasa seperti nahwu, sharaf dan balaghah. Padahal bila dipelajari lebih lanjut bahasa arab merupakan bahasa yang mudah dipelajari ketika pembelajar mengatahui tips dan trik dalam mempelajari bahasa tersebut.

Mengatasi hal tersebut, Jurusan pendidikan Bahasa arab yang dipimpin oleh DR. H. Jon Pamil, MA melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) menginisiasi penyelenggaraan webinar international bahasa arab untuk memberikan pemahaman bahwa mempelajari bahasa arab bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan bahkan dapat dipelajari oleh warga asing (cina) yang mayoritas non-muslim. Webinar yang bertema “Cara belajar bahasa arab yang benar: Pengalaman Balajara Mahasiswa di cina” tersebut terlaksana atas kerja keras panitia yang berasal dari HMJ PBA UIN Suska Riau dan HMJ PBA IAIN Batu sangkar. Acara tersebut diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 20 November 2021 via daring menggunakan zoom meeting dan live streaming youtube.

Adapun Keynote Speaker dalam webinar tersebut menghadirkan dosen bahasa arab dari cina yaitu Dr. Mi Guangli yang berasal dari Universitas cina dan dosen Bahasa Arab dari UIN Suska Riau yang saat ini sedang menjabat sebagai ketua jurusan pendidikan bahasa arab yaitu Dr. H. Jon Pamil, MA sebagai keynote speaker ke dua.

Dalam  webinar tersebut juga turut hadir Dekan Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Suska Riau Dr. H. Kadar, M.Ag, “لا بد علينا أن نشارك جميعا ونسمع بجد واجتهاد. فلذلك، هيا نبدأ ونفتح هذا اللقاء وهذا البرنامج بالموضوع -أساليب تعلم اللغة العبية الناجحة- بقراءة البسملة: بسم الله الرحمن الرحيم”

Kita harus mengikuti (seminar ini) dan mendengarkannya dengan sungguh-sunguh. Mari kita buka pertemuan dan acara yang berjudul – Cara Sukses Belajar Bahasa Arab- ini dengan membaca basmalah: Bismillahirrahmanirrahim” begitu tuturnya sekaligus membuka acara webinar tersebut.

Acara yang dimoderatori oleh Putri Jannatu Aulia (mahasiswa semester V PBA UIN Suska Riau) tersebut dihadiri oleh banyak kalangan baik itu dari Dosen, Mahasiswa, Alumni termasuk pemerhati bahasa arab. Acara berjalan dengan lancar dan antusias dari para peserta sangat tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang masuk pada sesi diskusi setelah keynote speaker mempresentasikan makalahnya. Salah satu pertanyaan yang masuk yaitu dari alumni PBA UIN Suska Riau yang sedang menempuh pendidikan Magister Pendidikan Bahasa Arab di UIN Suska Riau, Zaimul Umam: “Bagaimana agar dapat mudah mendapatkan pekerjaan setelah tamat dari lembaga pembelajaran bahasa arab?” ungkapnya. Kemudian dijawab dengan jelas dan lugas oleh para keynote speaker. Setelah diskusi selesai, Acara ditutup dengan pemberian Sertifikat penghargaan kepada para keynote speaker. (AMM)

About Admin PBA

Check Also

TAHNI’AH, PBA FTK UIN SUSKA RIAU menjadi Juara Umum SIMBA IX Riau 2022

(Pekanbaru, 23 Februari 2022) – Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab (SIMBA IX) se-sumatera dilaksanakan di Pekanbaru …