LAUNCHING BUKU “PENDIDIK SEJATI: BIOGRAFI 70 TAHUN PAK AHMAD SYAH”, BERSEMPENA MILAD KE-38 PBA

Pekanbaru, 25 Mei 2022 – Ikatan Alumni Pendidikan Bahasa Arab UIN Suska Riau wujudkan buku biografi berjudul “Pendidik Sejati: Biografi 70 Tahun Pak Ahmad Syah”. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan ulang tahun PBA yang ke-38 tahun.

Acara megah tersebut dilaksanakan pada hari Rabu Pagi tanggal 25 Mei 2022 Pukul 08.00-11.30 yang dipanitiai oleh Ikatan Alumni Pendidikan Bahasa Arab UIN Suska Riau, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS-PBA) serta pihak kampus UIN Suska Riau.

Dalam kegiatan tersebut, Ikatan Alumni PBA meluncurkan buku biografi berjudul “Pendidik Sejati: Biografi 70 Tahun Pak Ahmad Syah”. Peluncuran buku ini juga merupakan kado bagi sosok Pak Ahmad Syah yang merayakan ulang tahunnya ke-70 tahun sekaligus bersempena dengan Hari Ulang Tahun ke-38 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Suska Riau.

Acara peluncuran buku ini diresmikan oleh Wakil Rektor I, Dr. Hj. Helmiati, M.Ag. Menurut ketua panitia pelaksana, peluncuran buku biografi dengan 330 halaman tersebut merupakan wujud kebahagiaan dan penghargaan kepada Pak Ahmad Syah yang sedang berulang tahun. “Kami sebagai ketua panitia Milad 70 tahun Pak Ahmad Syah, ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu dalam rangka acara ini. Kehadiran bapak/ibu saat ini sesungguhnya memberikan rasa bangga, sukacita dan penuh hormat sebagai apresiasi bapak/ibu terhadap upaya dan usaha panitia penyelenggara dalam mempersiapkan acara ini semenjak beberapa waktu yang lalu” begitu ungkap Dr. Hj. Meimunah SM, selaku ketua panitia pelaksana.

Acara tersebut tersebut diselenggarakan secara Hybrid, sehingga dihadiri oleh hampir seluruh Alumni Prodi PBA angkatan 1983-2022 yang online maupun offline. Selain dari Alumni PBA, Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Kaprodi, sekprodi serta mahasiswa aktif PBA yang masih menempuh pendidikan S1 di UIN Suska Riau.

Acara berjalan dengan lancar dan tertib yang mana sebelum acara dibuka oleh MC, Radiatul Fitri, M.Ag, kegiatan diawali dengan penampilan hiburan berupa lagu oleh Ibnu Zulkarnain, M.Pd, Rezky Atmayda dan Wilsa Martiana. Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan Pembacaan kalamullah oleh Yosi Okta, S.Pd dan Do’a oleh Dr. H. M. Khoir al-kusyairi, MA. Kemudian dilanjutkan lagi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UIN Suska Riau dan Hymne Guru. Setelah itu, masuk ke acara berikutnya yaitu laporan panitia oleh Dr. Hj. Meimunah SM, M.Ag, sambutan ketua Jurusan PBA oleh Dr. H. Jon Pamil, MA, sambutan Dekan Faklutas Tarbiyah dan Keguruan oleh Dr. H. Kadar, M.Ag, sambutan Ketua IKA Prodi PBA, H. Achmad Syafrudin, M.Ag,  serta sambutan Rektor yang diwakili oleh wakil rektor I, Dr. Hj. Helmiati, M.Ag. Acara kembali dilanjutkan dengan pembacaan Puisi oleh Presiden Penyair Perempuan Indonesia, Kunni Masrohanti dan penayangan video history perjalanan hidup pak Ahmad Syah serta video-video ucapan Selamat Milad untuk Pak Ahmad Syah dan Milad PBA yang diantaranya dari H. Marzuki, M.Ag (Kepala MAN 3 Riau), Alfikri Rausen Aditya (Ketum Dewan PP ITHLA), M. Yamin, S.Ag (Tendik MTsN II Inhil), Dr. Erba Rozalina Yulianti, M.Ag. (Sekretaris Magister PAI FITK UIN Syarif Hidayatullah), dan Prof. Dr. H. Abdul Somad, Lc, MA. Acara berikutnya masuk ke acara inti yaitu Launching Buku, penandatangan buku serta perayaan Milad pak Ahmad Syah dan Milad PBA dengan pemotongan kue dan nasi tumpeng. Sebelum acara ditutup, terdapat ucapan apresiasi secara live dari Prof. Dr. Gamal Abdul Natsir dari Negara Brunei Darussalam yang juga merupakan alumni PBA UIN Suska Riau dan penyerahan kenang-kenangan untuk dosen purna bakti yaitu Drs. H. Irman Majid, MA, Drs. H. M. Nasir Nur, M.Ag, Dra. Hj. Mainizar, M.Ag dan Drs. H. Munziri Ali, M.Ag.

Dalam rangkaian acara tersebut terlihat para alumni ingin ikut dalam merayakan hari kebahagiaan tersebut dengan menghadirkan sebuah buku biografi yang diharapkan memberikan inspirasi bagi para pendidik lainnya.

“Sebagai seorang ketua jurusan, sebagai seorang dosen, sebagai seorang pendidik, banyak sekali nilai-nilai positif yang beliau (Pak Ahmad Syah) torehkan dan kemudian kita tuangkan dalam buku 70 tahun biografi beliau. Mudah-mudahan bisa diteladani oleh para alumni, oleh para dosen, sehingga kemudian juga bisa sedikit banyaknya mengikuti jejak beliau menjadi pendidik yang mendidik dengan sepenuh hati, dengan kesabaran, yang mendidik dengan penuh ketulusan, yang mendidik dengan nasehat-nasehat yang sangat bernas, dengan keteladanan dan seterusnya”. Tutur Dr. H. Jon Pamil, MA selaku ketua Prodi PBA.

Di akhir acara, kegiatan ditutup dengan sesi foto, ramah-tamah serta makan bersama seluruh alumni. (AMM)

 

 

 

 

About Admin PBA

Check Also

LUAR BIASA! 10 Mahasiswa PBA FTK UIN SUSKA RIAU lulus di semester VII

(Pekanbaru, 08 Maret 2022) Pendidikan merupakan salah satu proses untuk menjadi manusia dewasa. Dalam perjalannya …