Kaprodi PBA yang sekaligus Ketua IMLA Indonesia-Riau mengikuti RAKERNAS IMLA di Ciamis

(Pekanbaru – Sabtu, 25 Juni 2022) – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau terus berupaya meningkatkan kualitas demi menghasilkan sarjana pendidikan di bidang bahasa arab yang kompeten. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan standar akreditasi yang sudah didapatkan oleh prodi PBA dari akreditasi nasional (BAN-PT) yang sudah bernilai “A” menuju Akreditasi Internasional dengan mengikuti Workshop Akreditasi Internasional yang diselenggarakan oleh Ittihad Mudarrisi al-Lugha al-Arabiyyah (IMLA) yang berbarengan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMLA Indonesia 2022 di Ciamis.

Rakernas IMLA-Indonesia 2022 dan Workshop Akreditasi Internasional tersebut diselenggarakan secara hybrid online dan offline dari tangga 24 Juni 2022 sampai 26 Juni 2022. Acara offline diselenggarakan di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, sedangkan Acara online dilaksanakan menggunakan aplikasi zoom meeting serta live streaming youtube.

Rakernas tersebut dimulai dengan serangkaian acara dari pembukaan, pembacaan ayat suci al-Qur’an, pelantunan lagu Indonesia Raya, mars IMLA, sambutan-sambutan hingga pelantikan pengurus IMLA Indonesia-Jawa Barat. Acara workshop dilaksanakan pada hari berikutnya dengan narasumber Dr. Waleed Sayyid Muhammad dari Universitas Sulthan Muhammad al-Fatih Turki dan Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.Ag dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Menurut laporan ketua panitia, acara tersebut dihadiri oleh 86 (delapan puluh enam) peserta yang terdiri dari pengurus pusat dan daerah. Turut hadir dalam acara tersebut Muassis IMLA Indonesia, Ketua Umum IMLA Indonesia, pengurus pusat IMLA-Indonesia serta ketua umum IMLA-Indonesia dari berbagai daerah. Dr. H. Jon Pamil, MA selaku Ketua Umum IMLA Indonesia-Riau yang juga Kepala Prodi PBA FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau turut hadir dalam kegiatan tersebut. Turut hadir pula secara online dosen senior PBA FTK UIN Suska Riau Dr. H. Aprijon Efendi, Lc, MA.

Hingga berita ini dimuat, acara Rakernas dan Workshop tersebut masih terus berjalan. semoga acara tetap berjalan dengan lancar dan menghasilkan suatu gebrakan yang dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas khususnya di bidang pendidikan bahasa arab. (AMM)

 



 

About Admin PBA

Check Also

Jalin Kerjasama, PBA FTK UIN Suska Riau gandeng Arab Saudi adakan Daurah Intensif Bagi Dosen

(Pekanbaru, 16 Februari 2022) – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab tidak berhenti untuk menjalin kerjasama …