PRODI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UIN SUSKA RIAU TAJA PERKEMAHANAN BAHASA ARAB DI HARAU PAYAKUMBUH

(Payakumbuh, 1-3 Desember 2022). Dalam rangka meningkatkan performasni bahasa Arab mahasiswa, Program Studi PBA UIN Suska Riau menyelenggarakan kemah bahasa Arab (mukhayyam ‘Arabi). Acara tersebut diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal satu sampai dengan tiga Desember 2022 bertempat lokasi wisata Lembah Harau Payakumbuh Sumatera Barat.
Dalam laporannya, ketua panitia Abdurrahman Yuda menjelaskan bahwa jumlah peserta beserta panitia yang ikut mukhayyam Arabi tersebut sebanyak 140 mahasiswa. Selama tiga hari pelaksanaan acara diisi dengan berbagai perlombaan seperti drama, master chef tarik tambang serta kegiatan lain yang semuanya diselengarakan dengan berbahasa Arab.
Ketua Program Studi PBA UIN Suska Riau, Dr. Jon Pamil, MA, dalam sambutannya menyampaikan urgensi kegiatan mukhayyam tersebut bagi mahasiswa selaku calon pengajar bahasa Arab, dimana selaku calon pengajar bahasa Arab mahasiswa Program Studi PBA mesti memiliki kompetensi dan performansi bahasa Arab. Kompetensi bahasa Arab didapatkan manakala mahasiswa menguasai ilmu-ilmu terkait komponen-komponen kebahasaan, sementara performansi bahasa Arab diperoleh dengan berlatih dan mempraktikkan kemahiran-kemahiran berbahasa utamanya mendengar dan berbicara dua hal yang ditekankan pada palaksaan mukhayaya tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, ketua Prodi PBA mengajak para seluruh peserta untuk berpuasa dari berkomunikasi dengan selain bahasa Arab selama pelaksanaan acara.

About Admin PBA

Check Also

Jalin Kerjasama, PBA FTK UIN Suska Riau gandeng Arab Saudi adakan Daurah Intensif Bagi Dosen

(Pekanbaru, 16 Februari 2022) – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab tidak berhenti untuk menjalin kerjasama …