Jadi Tuan Rumah SIMBA IX 2022, PBA FTK UIN SUSKA RIAU jalin kerjasama dengan UIR

(Pekanbaru, 21-23 Februari 2022) – Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab (SIMBA) telah berlangsung semenjak tahun 2012. SIMBA I terlaksana di Aceh dengan tuan rumah terpilihnya UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada tahun 2012. Kemudian dilanjutkan dengan SIMBA II pada tahun 2013 oleh tuan rumah terpilih yaitu UIN Sulthan Thaha Jambi. Pada tahun 2014 SIMBA III dilaksanakan di pekanbaru dengan UIN SUSKA RIAU sebagai tuannya. SIMBA IV 2015 dituanrumahi oleh UIN Imam Bonjol Padang. Selanjutnya giliran UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu yang menjadi tuan rumah SIMBA V 2016. Pada tahun 2017, SIMBA VI diadakan di Palembang dengan UIN Raden Fatah Palembang sebagai tuan rumahnya. SIMBA VII dilaksanakan di UIN Sumatera Utara Medan tahun 2018. Pelaksanaan SIMBA VIII digaawangi oleh IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung pada tahun 2020. Saat ini, UIN Suska Riau kembali terpilih menjadi tuan rumah SIMBA IX. Kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa bahasa arab se-sumatera tersebut ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA RIAU). Dalam pelaksanaannya, UIN SUSKA Riau menggandeng Universitas Islam Riau.

SIMBA IX terlaksana selama 3 Hari yang dimulai pada tanggal 21 Februari 2022 dan berakhir pada tanggal 23 Februari 2022 dengan tema “Memperkuat Ukhuwah, Tingkatkan Kreatifitas, Kapabilitas, dan Produktifitas Mahasiswa Bahasa Arab”. Acara tersebut lebih kurang dihadiri oleh 350 orang mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab dari 24 universitas di berbagai daerah di sumatera.

Acara SIMBA IX dibuka di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau dan buka oleh Rektor UIN Suska Raiu yang diwakili oleh Wakil Rektor I yaitu Dr. Hj. Helmiati, M.Ag. Dalam acara tersebut turut hadir para Pimpinan dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta Pimpinan Prodi Pendidikan Bahasa Arab Dr. H. Jon Pamil, MA. Turut serta pula pimpinan prodi Bahasa Arab Universitas Islam Riau, sekjen DPP, dan ketua DPW Ittihaadu Tholibatul Lughotul ‘Arobiyah (ITHLA’). Acara tersebut resmi dibuka dengan pembacaan Basmalah dan pemukulan Gong sebagai pertanda kegiatan dimulai. (AMM)

About Admin PBA

Check Also

TAHNI’AH, PBA FTK UIN SUSKA RIAU menjadi Juara Umum SIMBA IX Riau 2022

(Pekanbaru, 23 Februari 2022) – Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab (SIMBA IX) se-sumatera dilaksanakan di Pekanbaru …